7 Cara Menghafal Alquran Agar Tidak Mudah Lupa

Sebagian orang mungkin akan percaya bahwa menghafal Alquran 30 juz akan sangat sulit sekali dicapai. Faktanya memang begitu, tetapi tidak ada hal di dunia ini yang mudah untuk diraih. Untuk itu, berniatlah karena Allah SWT, bersungguh-sungguhlah, manfaatkan waktu yang ada dan banyak bersabar.Menghafal Alquran memang bukan hal yang mudah. Namun, banyak keutamaan yang akan diraih jika kamu menjadi penghafal Alquran.Untuk ini, semoga tips-tips ini bisa kamu terapkan untuk menghafal Alquran dengan mudah dan tidak cepat lupa.

1. Niat ikhlas karena Allah SWT

Yang paling utama ketika ingin memulai menghafal Alquran tentu niat. Ketika kamu melakukan niat yang salah, seperti pamer makan bisa saja itu hal itu tidak akan terwujud. Tetapi, jika kamu berniat karena Allah SWT, maka rasa lelah, malas, dan berpikir bahwa ini terlalu sulit tidak akan menjadi penghalang.

2. Tanamkan keyakinan

Setelah kamu telah meluruskan niat karena Allah SWT, pastikan bahwa diri dan pikiran kamu yakin dan sungguh-sungguh untuk menghafal Alquran. Tanamkan dalam pikiran bahwa menghafal Alquran itu mudah, maka kamu akan menghafalnya dengan mudah.

3. Pilih metode penghafalan

7 Cara Menghafal Alquran Agar Tidak Mudah Lupa (1)
Seorang pria yang sedang membaca Al-Qur’an. Foto: Unsplash.com

Ada dua metode cara penghafalan Al-Quran, yakni menghafal per halaman atau menghafal per ayat.Jika kamu memilih menghafal per halaman, baca Alquran satu halaman sebanyak 3-10 kali secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar. Namun, ketika menghafal per ayat konsep menghafalnya tidak beda jauh dengan per halaman. Baca ayat 2-10 kali, kalau sudah lancar lanjutkan ke ayat selanjutnya. Nah, ketika sudah mencapai satu halaman, ada baiknya mengulangi halaman sebelumnya untuk memperkuat hafalan sebelum pindah ke halaman berikutnya.4. Baca berulangSeringkali ketika kamu selalu merasa sudah cukup hafal, lalu enggan mengulangnya kembali. Karena itu, ketika sudah yakin hafal, jangan pernah malas untuk mengulang hafalan tersebut agar selalu melekat di dalam ingatan.

5. Konsisten dengan jadwal penghafalan

Agar tidak berantakan, ada baiknya kamu membuat schedule atau jadwal pasti khusus untuk menghafal Alquran. Dan pastikan kamu tidak akan melanggar jadwal tersebut.

6. Sabar

Nah, poin keenam adalah hal yang paling penting, yaitu sabar. Mungkin akan ada banyak sekali hal yang akan membuatmu terdistraksi untuk mengingkari jadwal menghafal Alquran atau merasa capek dan putus asa karena terlalu sulit mengafalnya. Itu adalah beberapa ujian dan cobaan saat menghafal Alquran. Untuk itu, yakinkan kembali dirimu dengan niat yang benar, maka insyaallah segala cobaan akan mudah untuk dilalui.

7. Gunakan satu mushaf

Demi kelancaran menghafal, ada baiknya kamu menggunakan satu mushaf Alquran karena terkadang struktur dan tampilan halaman Alquran berbeda-beda. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan untuk merekam gambar ke memori otak.

1 komentar untuk “7 Cara Menghafal Alquran Agar Tidak Mudah Lupa”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *